Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok

Wanita cenderung lebih sering mengalami suatu gangguan dalam kehidupannya, baik dari segi kesehatan, penampilan hingga gaya hidup dsb. Salah satunya rambut yang selalu menjadi pusat perhatian bagi wanita dan tentunya rambut adalah bagian dari anggota tubuh yang memerlukan perawatan khusus secara rutin layaknya anggota tubuh yang lain. Terkadang ada sebagaian dari wanita rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk perawatan tubuh, wajah dan rambut dengan harapan penampilan akan dirinya terkesan lebih menarik dan enak dipandang mata.

Rambut juga dapat dikatakan sebagai salah satu simbol kecantikan wanita dan ketampanan pria. Pria yang memiliki gaya rambut yang menawan, rapi, halus dan wangi tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Namun bagaimana jika rambut yang menjadi suatu kebanggaan dirundung masalah seperti kerontokan dan rambut kering hingga pada pria sampai mengalami kebotakan?? Rambut yang kering cenderung mudah rontok dan jumlah kerontokan rambut bisa dalam jumlah besar atau banyak.

Hal ini disebabkan oleh kemungkinan adanya kesalahan dalam perawatan rambut sehingga keindahan rambut menjadi berkurang, sebelum mengetahui bagaimana cara merawat rambut yang kering dan mudah rontok, kenali terlebih dahulu penyebab dari rambut kering dan rontok, sebagai berikut :

1. Rambut terkena pancaran langsung sinar matahari dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa pelindung.

2. Cara mengeringkan rambut yang salah dan berlebihan. Misalnya menggunakan hair dryer ketika rambut masih dalam basah setelah keramas atau cara menyisir rambut yang berlebihan ketika rambut dalam keadaan kering atau basah.

3. Rambut yang diwarnai dalam waktu yang cukup lama hingga membuat akar rambut menjadi kian melemah dan mudah rapuh.

4. Penggunaan bahan kimia yang terdapat dalam bahan perawatan rambut yang berlebihan hingga diresap oleh akar rambut dan folikel rambut sehingga membuat rambut kekurangan nutrisi dan protein penting bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

5. Penggunaan hair dryer dengan suhu yang terlalu panas dan jarak dengan rambut yang terlalu dekat.

6. Terlau sering atau jarang berkeramas hingga membuat rambut kehilangan keseimbangan.

7. Perubahan hormon tubuh yang tidak normal.

8. Pengaruh atau efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.

9. Sedang mengidap suatu peyakit.

10. Menjalani proses pemulihan atau penyembuhan dari suatu jenis penyakit.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut menjadi kering hingga menyebabkan rambut rontok.

Berikut akan disajikan bagaiaman cara merawat rambut yang baik untuk mencegah rambut agar tidak kering dan mudah rontok, diantaranya :

1. Hentikan sejenak rambut dari tatanan salon

Jika anda sering melakukan perawatan di salon untuk membantu merawat rambut, sebaiknya dihentikan dahulu sejenak hal ini bertujuan untuk menghindari dan mencegah rambut dari penggunaan alat-alat salon yang dapat merusak rambut seperti hair dryer, sasak, bahan kimia yang sering digunakan untuk masker rambut, pengeriting rambut dsb. Alat-alat tersbut yang biasa digunakan salon untuk perawatan rambut dengan pemanasan suhu yang cukup tinggi dapat merusak perkembanagan dan pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih mudah kering yang mengarah pada rambut mudah rontok. Cobalah merawat rambut dengan tangan sndiri dan gunakan bahan alami yang ada disekitar kita, karena banyak bahan alami yang dapat dijadikan altenatif pilihan terbaik untuk perawatan rambut, misalnya buah lemon, alpukat, jeruk nipis dsb. Biarkan rambut menemukan kembali keindahannya dan rambut dapat berkembang dengan optimal.

2. Jangan mengikat rambut saat tidur

Umumya wanita yang memiliki rambut yang cukup panjang, sering kali mengikat rambut saat tidur, sebenarnya hal ini merupakan cara yang salah dan hanya akan menyiksa rambut sehingga akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik. Bebaskan rambut anda ketika tidur dan jangan mengikat rambut terlalu kencang serta hindari mengikat rambut saat berkeringat. Hilangkan dahulu keringat di kepala, setelah agak kering rambut boleh di ikat. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut agar tidak bau.

3. Jangan keramas setiap hari

Kelenjar minyak atau produksi minyak di kulit kepala setiap orangnya pasti berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memiliki kadar minyak tinggi di kulit kepala sehingga memungkinkannya untuk keramas setiap hari, adapula yang memiliki kadar minyak di kulit kepala dengan ukuran normal disarankan untuk tidak keramas setiap hari, cukup 2 hari sekali. Agar rambut tidak mudah rapuh, kusam, kering dan mudah rontok.

4. Jangan menggaruk kulit kepala saat keramas maupun saat terasa gatal dikulit kepala

Ketika berkeramas terkadang tanpa disadari kita menggaruk kulit kepala secara berlebihan kemudian setelahnya timbul rasa sakit dan perih dikulit kepala. Hal ini akan membuat kulit kepala mengalami iritasi, mengurangi kelembapan alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala.

5. Hindari berkeramas dengan air panas

Berkeramas dengan menggunakan air panas hanya akan membuat rambut menjadi tersiksa dan membuat rambut menjadi rusak, berkeramas dan bilaslah rambut dengan air biasa agar akar rambut tidak tersiksa dan kehilangan nutrisi.

6. Sisir rambut dengan baik dan benar

Menyisir rambut merupakan cara sederhana yang sering dilakukan setiap hari dalam kehidupan kita. Namun adapula yang menyisir rambut dengan cara yang salah. Menyisir rambut dalam keadaan rambut masih basah dan menggunakan sisir bergigi rapat. Cobalah menyisir dengan sisir bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok dan rapuh serta jangan menyisir dalam keadaan rambut masih basah, rambut yang masih basah cenderung lebih mudah patah dibanding rambut dalam keadaan kering.

7. Gunakan shampoo dan conditioner atau pelembab rambut yang sesuai dengan jenis rambut

Gunakan shampoo yang sesuai dengan kriteria atau jenis rambut, kemudian setelah berkeramas aplikasikan rambut dengan menggunakan kondisioner atau pelembab rambut. Gunakan kondisioner atau pelembab rambut mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut, jangan mengenai kulit rambut. Tujuan menggunakan kondisioner atau pelembab rambut untuk menjaga agar rambut tidak kering dan tidak mudah rapuh serta membantu memberi nutrisi tambahan pada kulit kepala.

8. Gunakan masker rambut jika rambut dalam keadaan kering dan rusak yang cukup parah

Jika dirasa rambut sudah cukup kering dan rusak dalam keadaan yang cukup parah, gunakan masker rambut dari bahan alami yang terbuat dari beberapa jenis buah-buahan atau meracik masker rambut dengan tangan sendiri jika tidak anda juga dapat membeli ditoko atau supermarket. Pilihlah masker rambut dari bahan alami, seperti minyak zaitun, buah alpukat, madu, minyak essensial dsb.


=====================================

>>> Obat Rambut Rontok dan Penumbuh Rambut Baru – Hair Growth Serum Rudy Hadisuwarno, Untuk Mengatasi Penyebab Rambut Rontok, Menyuburkan Rambut Agar Rambut Tumbuh Dengan Tebal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Cara Merawat Rambut Rontok and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>